Andai Aku Menjadi....... Minggu


Andai aku menjadi..... Minggu

OK, Andai aku menjadi Minggu, aku akan membuat hari ini lebih lama supaya aku bisa senang-senang dan melupakan betapa beratnya hidup ini. Aku juga akan membuat siang lebih lama supaya dunia ini terang lebih lama, jadi hemat listrik. Andai aku menjadi minggu, aku akan menjadi hari dimana apapun gratis. Andai aku menjadi Minggu, aku akan membuat wakil rakyat tidak korupsi (karena mereka libur, paling korupsi ayam goreng anaknya, itupun kalo menu makanan mereka ada ayam goreng). Andai aku menjadi Minggu, aku akan membuat orang-orang memasak ayam bakar (biar wakil rakyat ga mengkorupsi ayam goreng anaknya, kan ga ada ayam goreng).

Cukup. Kebetulan saat ini, gue lagi nonton acara yang lumayan kreatif dan terkenal. Andai aku menjadi..... hari Minggu, jadi Andai aku menjadi........ Minggu. Autis memang judulnya, dan kalo memang gitu, udah gue tulis apa yang akan terjadi di paragraf sebelumnya.

Ceritanya ada cewe, biasanya emang dipakenya cewe, dan mahasiswa. Entah kenapa, mungkin supaya wakil rakyat terpesona melihat kaum hawa muda jaman sekarang, dan melupakan ayam goreng anaknya. Dia entah gimana ceritanya bisa ada di rumah kakek nenek miskin sama seorang cucu perempuannya yang masih kecil. Gue sih nontonnya sepotong-sepotong, sambil nulis. Jadi gue ga tau semua ceritanya.

Pas kakek neneknya kerja nih ceritanya, dia bilang dia kasian. Cuman ga bantuin. Tuh cewe malah maen sama cucu mbah-mbah itu. Maen aer, soalnya kakek neneknya kerjanya kaya di kali gitu, ga jelas mereka ngapain soalnya gue sambil nulis. Setelah berapa lama, adegannya di dramatisasi. Cewe itu liat kakek nenek itu kerja berdua doang. Dia BILANG ke kita (penonton) kalo DIA kasian. Jelas? Terus dia bilang ke cucu kakek nenek itu, dan anak kecil lain temen anak itu, kalo dia mau bantuin mbahnya. Anaknya, bengong.

Terus dia bilang ke si NENEK : "Udah nek, istirahat dulu,  biar aku aja yang bantuin kakek". TUH KAKEK JUGA CAPE, NENG! Lagian belom tentu bisa udah nyingkirin nenek itu, yang gue tau sebenernya dia tuh cuman mau nyobain gimana rasanya kerja kaya gitu. Ngakak.

Sampe di situ, seperti ciri khas dan budaya acara ini, si "tokoh utama" bilang "ternyata susah ya.....". Bosen banget gue. Biasa. Gue juga kasian. Kalo kasian, kasih bantuan, bukan cuman nangis, bilang "mereka hebat ya bisa hidup kaya gini, sedangkan aku bisa mendapat semuanya dengan gampang, mereka harus kerja kaya gini dulu". Mereka ga butuh perasaan kasian! Mereka butuh bantuan supaya hidup mereka lebih baik dari saat itu.

Dah gitu, biasanya sang tokoh utama bantuin si tokoh "utama sedikit sampingan" atau tepatnya "si objek kasian". Kerjaan berat, dan BIASANYA GA BIASA. Mereka, seperti tadi yang udah gue bilang, sok suruh istirahat dan biar dia aja. Pada kenyataannya, mereka cuman merusak pekerjaan yang udah ampir selesai. Jadi membantu?

Hah, bosen banget nonton itu. Lagian entah siapa udah mengganti channelnya jadi channel khusus makanan gitu, kebetulan gue pake tv kabel. Lumayan lah, bisa refreshing, liatin makanan enak, makanan buatan orang susah yang enak, yang bisa kita beli buat membantu kehidupan mereka, dari pada cuman bilang "kasian". Dah, mo lanjutin nonton dulu.

UPDATE!!!!!

Belakangan, temen gue ada yang share kartun dari Mice Cartoon (tau lah, rekannya Benny Rachmadi waktu bikin kartun Benny & Mice) di Facebook. Cocok banget buat ilustrasi post ini. Check it out : 




0 Komentar:

Post a Comment